ChatBox

Jumat, 25 Februari 2011

MENGENAL ALAT MUSIK TRADISIONAL

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua hingga Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya  tersebut lahir, tumbuh dan berkembang seni & tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. Masing-masing daerah juga memiliki alat musik yang unik, diantaranya :


Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bahan 
bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis.

Angklung berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu khusus. Ditemukan oleh Bapak Daeng Sutigna sekitar tahun 1938. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan dan satu alat menghasilkan satu nada.


Musik Gamelan berasal dari Jawa Tengah.
Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong.






Fu merupakan alat musik tradisional khas yang berasal dari Maluku Utara. Fu terbuat dari kulit kerang dan cara memainkannya dengan cara di tiup.


Japen berasal dari Kalimantan Tengah







Kolintang merupakan alat musik khas dari Minahasa  (Sulawesi Utara) yang mempunyai bahan dasar yaitu kayu lokal yang ringan namun kuat seperti telur, bandaran, wenang, kakinik



Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya.



Kendang adalah sejenis alat musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit hewan. Kendang atau gendang dapat dijumpaidi banyak wilayah Indonesia. Di Jawa barat kendang mempunyai peranan penting dalam tarian Jaipong. Di Jawa Tengah, Bali, DI Yogyakarta, Jawa Timur kendang selalu digunakan dalam permainan gamelan baik untuk mengiringi, tari, wayang atau ketoprak.




Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatra Barat. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. Orang Minangkabau percaya bahwa bahan paling bagus utk dibuat saluang adalah talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai.



Sasando adalah alat musik petik berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur (Timor). Kecapi ini terbuat dari bambu dengan diberi dawai/senar & untuk resonasinya di buat dari anyaman daun lontar yang mempunyai bentuk setengah bulatan.






Talempong adalah alat musik tradisional Minangkabau. Ada yang terbuat dari kuningan, kayu dan batu. Talempong berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlobang dan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter 5 cm sebagai tempat tangga nada. Musik talempong akan berbunyi jika dipukul oleh sepasang kayu.











0 komentar:

Poskan Komentar