ChatBox

Senin, 28 Februari 2011

MENGENAL NOT BALOK

Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan oleh not. Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. 
Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan. Terdapat pula bentuk notasi lain, misalnya notasi angka yang juga digunakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, India, dan Tiongkok.

Yang akan dibahas di sini adalah cara membaca not balok. Pertama kali yang perlu diperhatikan dalam membaca not adalah  : 

a. Kunci (clef). 
    Kunci terletak di paling kiri garis paranada. 
    Ada tiga macam kunci yaitu kunci G, kunci F, dan kunci C.
(dari kiri ke kanan: kunci G, kunci F, kunci C alto, dan kunci C tenor)
Kunci yang paling sering digunakan adalah kunci G dan kunci F. Pada kunci G, letak nada G adalah garis paranada yang dilewati lengkungan spiral kunci G. Sedangkan pada kunci F, letak nada F adalah garis paranada yang berada di antara dua titik kunci F. 

b. Penulisan not balok
    Seperti not angka, not balok memiliki simbol huruf, yaitu :







c. Tempo nada ketuk
   



Kini cobalah menyanyikan lagu Mengheningkan cipta berikut ini :

Lagu Mengheningkan Cipta ini ciptaan T Prawit, birama 4/4, dengan dinamika "largissimo" biasanya dibawakan untuk latar belakang acara "mengheningkan cipta" saat upacara bendera.

0 komentar:

Poskan Komentar