Home » » Aspek-Aspek yang Ada Dalam Kisi-Kisi Penulisan Soal

Aspek-Aspek yang Ada Dalam Kisi-Kisi Penulisan Soal

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.31


Kisi-kisi penulisan soal adalah kerangka dasar yang dipergunakan untuk penyusunan soal dalam evaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan kisi-kisi soal ini, maka seorang guru dengan mudah dapat menyusun soal-soal evaluasi. Kisi-kisi penulisan soal inilah yang memberikan batasan guru dalam menyusun soal evaluasi.

Dengan kisi-kisi penulisan soal, maka tidak akan terjadi penyimpangan tujuan dan sasaran dari penulisan soal untuk evaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Hal ini karena segala aspek yang akan diujikan sudah tertera secara jelas dalam kisi-kisi penulisan soal tersebut. Guru
hanya mengikuti arah dan isi yang diharapkan dalam kisi-kisi penulisan soal yang dimaksudkan.

Kisi - Kisi Penulisan Soal

Untuk menulis soal, maka hal pertama yang harus kita ketahui adalah bagaimana dengan kisi-kisi soalnya. Oleh karena itulah, maka dalam kisi-kisi penulisan soal, kita akan dapat beberapa bagian sebagai berikut:

•  Nama Sekolah

Nama sekolah ini menunjukkan tempat penyelenggaraan proses pendidikan dan pembelajaran yang akan dievaluasi prosesnya. Ini merupakan identitas sekolah.

•  Satuan Pendidikan

Satuan pendidikan menunjukkan tingkatan pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dan akan dievaluasi. Satuan pendidikan ini misalnya SD, SMP, SMA atau SMK.

•  Mata Pelajaran

Mata pelajaran yang dimaksudkan dalam hal ini adalah mata pelajaran yang akan dibuatkan kisi-kisi soal dan dievaluasi hasil belajar anak-anak. Misalnya Matematika.

•  Kelas/ Semester

Kelas/ semester menunjukkan tingkatan yang akan dievaluasi. Dengan mencantumkan kelas/semester ini, maka kita semakin tahu batasan materi yang akan kita jadikan soal evaluasi proses.

•  Kurikulum Acuan

Seperti kita ketahui, model kurikulum di negeri ini selalu berganti, bahkan kadang satu kurikulum belum tuntas kita terapkan sudah ada penggantian kurikulum baru. Akhirnya terjadi tumpang tindih antara kurikulum yang digunakan dan kurikulum yang baru. Untuk hal tersebut, maka kita informasikan kurikulum yang digunakan dalam penyusunan kisi kisi penulisan soal, misalnya kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP.

•  Alokasi Waktu

Alokasi waktu ini ditulis sebagai penyediaan waktu untuk penyelesaian soal. Dengan alokasi waktu ini, maka kita dapat memperkirakan tingkat kesulitan soal dan jumlah soal yang harus dibuat guru agar anak anak tidak kehabisan waktu saat mengerjakan soal.

•  Jumlah Soal

Jumlah soal menunjukkan berapa banyak soal yang harus dibuat atau dikerjakan anak anak sesuai dengan jatah atau alokasi waktu yang sudah disediakan untuk ujian bersangkutan. Dalam hal ini guru sudah memperkirakan penggunaan waktu untuk masing-masing soal.

•  Penulis/ Guru Mata Pelajaran

Ini menunjukkan identitas guru mata pelajaran atau penyusun kisi-kisi penulisan soal. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tingkat kelayakan seseorang dalam penulisan kisi kisi dan soalnya.

•  Standar Kompetensi

Standar kompetensi menunjukkan kondisi standar yang hendak dicapai oleh anak didik setelah mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan standar kompetensi ini, maka guru dan anak didik dapat mempersiapkan segala yang harus dilakukan.

•  Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar ini menunjukkan kepada kita yang seharusnya dimiliki oleh anak didik setelah mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam kisi-kisi penulisan soal, aspek ini kita munculkan untuk mengevaluasi tingkat pencapaiannya.

•  Materi Pelajaran

Ini menunjukkan semua materi yang diberikan untuk proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam kisi-kisi penulisan soal, materi ini merupakan batasan isi dari metari pelajaran yang kita jadikan soal ujian.

•  Indikator Soal

Indikator soal menunjukkan perkiraan kondisi yang diambil dalam soal ujian. Indikasi yang bagaimana dari materi pelajaran yang diterapkan dalam soal.

•  Bentuk Soal

Bentuk soal yang dimaksudkan adalah bentuk subyektif ataukah obyektif tes. Untuk memudahkan kita dalam menyusun soal, maka kita harus menentukan bentuk soal untuk setiap materi pelajaran yang kita ujikan pada evaluasi.

•  Nomor Soal

Nomor soal menunjukkan urutan soal untuk materi atau soal yang kita buat. Untuk hal ini, setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar, penyusunan nomor soal di kisi-kisi penulisan soal tidak selalu berurutan. Kita dapat menulis secara acak, misalnya Standar Kompetensi A dengan Kompetensi Dasar A1 dapat saja diletakkan pada soal nomor 3 dan seterusnya. Sehingga tidak selalu standar kompetensi pertama dan kompetensi dasar pertama harus berada untuk soal nomor satu.

Itulah yang ada dalam sebuah kisi-kisi penulisan soal yang harus disusun oleh guru untuk mengevaluasi hasil proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan memperhatikan semua aspek yang kita perlukan dalam penulisan soal, setidaknya kita mengetahui bahwa menulis kisi-kisi penulisan soal tidaklah sulit.

Sumber: www.AnneAhira.comSumber: www.AnneAhira.com
Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger