Home » » Bank Soal SD untuk Anak Penggemar Games Online

Bank Soal SD untuk Anak Penggemar Games Online

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.20

Sumber: www.AnneAhira.com

Anak Anda yang masih duduk di bangku SD mengalami kesulitan belajar dan prestasinya kurang memuaskan? Lebih suka berada di depan monitor asyik dengan game online-nya atau FB-nya? Sebagai orang tua yang bijak, janganlah gegabah dalam bertindak.


Dunia bermain, dunianya anak-anak


Sebagai anak-anak, dunia mereka memang masih dunia bermain. Kita sebagai orang dewasa tidak bisa memaksakan pikiran kita agar dapat dipahami oleh anak, kitalah yang harus menyelami dunia mereka.


Menurut Gardner, seorang pakar pendidikan dari Universitas Harvard, setiap anak itu bersifat unik, artinya mereka memiliki kecerdasan dan gaya belajar yang berbeda-beda. Untuk itulah dalam mengajarkan anak, jangan hanya menggunakan gaya konvensional dengan hanya duduk di meja menghadapi buku sambil menjawab soal yang rumit.


Pemanfaatan bank soal SD


Ada beberapa kiat yang mungkin bisa Anda lakukan, yaitu:

•  Gunakanlah media game sebagai sarana pembelajaran.

Anak-anak suka dengan segala sesuatu yang bersifat “fun”. Otak mereka akan terstimulus dan mudah menerima informasi bila mereka dalam keadaan senang. Oleh karenanya, Anda jangan menyuruh mereka untuk berhenti bermain game, tetapi gunakanlah game sebagai sarana belajar.


Saat ini banyak game pembelajaran yang beredar di pasaran. Baik yang bersifat perangkat keras yang berbentuk media belajar maupun perangkat lunak dalam bentuk CD. Atau bisa juga game dalam bentuk aktifitas “bermain sambil belajar”, seperti bermain berlari, melompat, dan menggambar yang mengandung materi pelajaran.

•  Ajarkan anak untuk mengakses game edukatif secara online

Di era digital seperti saat ini, anak dapat mengakses dunia maya dengan mudahnya. Komputer, laptop, HP, dan warnet bertebaran di sekitar mereka. Kita tidak bisa membendung anak untuk mengakses dunia maya, yang bisa kita lakukan adalah memberi pengertian kepada mereka akan bahaya situs-situs tertentu.


Di saat yang sama ajarkan mereka untuk dapat mengakses dan menggunakan website edukatif. Saat ini ada banyak website edukatif yang bisa diakses anak-anak, seperti www.e-dukasi.net; www.game-langsung.com; www.armudha.web; www.ugm.ac.id; javagameindo.blogspot.com; dan lain-lain

•  Belajar dari bank soal SD

Ada kalanya anak bosan dengan gaya belajar konvensional, dengan menggunakan buku dalam suasana kelas yang kaku. Tak ada salahnya Anda memperkenalkan anak Anda untuk belajar dari bank soal SD.


Keunggulan dari Bank Soal SD adalah lengkapnya materi yang diberikan, khusus untuk materi Ujian Nasional (UN) bahkan bisa sampai 5-10 tahun terakhir. Di samping itu anak dapat memilih sendiri topik belajar sesuai dengan yang diinginkan.


Saat ini ada banyak website yang menyediakan bank soal SD, seperti www.sekolahkami.com; bank-soal-un.co.cc; www.ekasulistiyana.web.id;www.1lmu.blogspot.com; www.banksoal.sebarin.com; www.duniabelajar.com; dan ain-lain.

Bila Anda telah melakukan hal di atas, berarti Anda telah mengajarkan anak untuk bersikap mandiri dan bertanggung jawab. Nah, bagi Anda para orang tua yang sibuk dengan kegiatan di luar rumah, namun memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak, tak ada salahnya mencoba kiat-kiat di atas?

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger