Home » » Geografi Wilayah di Indonesia

Geografi Wilayah di Indonesia

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.01

Sumber: www.AnneAhira.com

Indonesia terbentang atas lautan dan kepulauan yang sangat luas.  Pulau-pulau ini menyebar dari ujung ke ujung yang lainnya dengan jarak dan batas wilayah tertentu. Geografi pulau di Indonesia ini sudah dihitung dan ditentukan batas antara satu pulau dengan pulau yang lainnya.


Secara geografi, kepulauan Indonesia terletak diantara beberapa negara tetangga seperti malaysia, australia, papua nugini serta timor Leste.  Berdasarkan geografis keberadaan kepulauan Indonesia adalah terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia.


Geografi Indonesia secara astronomis termasuk menguntungkan karena salah satu kepulauannya dilewati oleh garis khatulistiwa.  Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, geografis kepulauan Indonesia sangat kaya akan kandungan minyak bumi dan juga tanaman penghasil rempah-rempah.



Pengertian Geografi Sebuah Wilayah


Secara umum pengertian dari letak geografi sebuah wilayah adalah merupakan posisi letak sebuah tempat berdasarkan letaknya di permukaan bumi.  Letak geografi ini dapat dilihat dari posisi tempat maupun batas wilayah seperti benua yang bersebelahan dengan tempat tersebut maupun perairan / samudera.  Seperti geografi wilayah Indonesia ini, yang terletak diantara dua benua, yaitu Asia dan Australia. 



Geografi Wilayah Kepulauan di Indonesia


Berikut ini beberapa geografi wilayah di Indonesia, yaitu:



  • Bali

    Bali menempati wilayah yang letaknya masih bagian dari kepulauan Sunda kecil.  Secara geografi, wilayah Bali ini di kelilingi oleh banyak pegunungan yang membelah kotanya menjadi dua bagian yaitu Bali Utara dan Selatan.


    Diantara gunung-gunung tersebut, ada beberapa yang merupakan gunung aktif atau berapi.  Gunung berapi yang terdapat di Bali ini salah satunya adalah gunung Batur.  Di sekitar kawasan gunung Batur ini juga terdapat sebuah danau yang cukup luas, yang dikenal dengan nama danau Batur.



  • Papua

    Wilayah Papua sangat luas mencapai 19,3 persen dari luas seluruh wilayah di Indonesia.  Papua juga memiliki pegunungan yang membentang di beberapa tempat seperti pegunungan Jayawijaya yang merupakan gunung tertinggi dengan puncaknya yang dingin atau puncak gunung es.


    Selain dikelilingi oleh pegunungan, letak geografi Papua yang berbatasan dengan samudera pasifik dan laut Arafura ini memiliki banyak sungai yang membelah setiap daratannya.  Sungai yang panjang dan besar mendominasi diantara pegunungan di papua ini.

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger