Home » » Gunung, Si Tanah yang Menjulang

Gunung, Si Tanah yang Menjulang

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 00.47

Sumber: www.AnneAhira.com

Apa Itu Gunung?


Gunung adalah permukaan tanah yang menonjol lebih tinggi daripada permukaan yang lain. Banyak gunung yang dilihat dari jauh seperti sebuah kerucut. Umumnya, gunung terbentuk akibat gerakan bumi, tepatnya di bawah permukaan bumi.


Suhu di bawah permukaan bumi sangatlah panas sehingga beberapa batuan tanah meleleh. Jika ada bagian bumi yang retak, maka ada bagian-bagian lain dari permukaan bumi yang mengalami perubahan. Ada yang tertarik dan ada yang terdorong.


Bila permukaan bumi terdorong, maka ini akan membentuk gunung atau pegunungan. Bila permukaan bumi tertarik, maka akan menimbulkan cekungan, diantaranya membentuk danau atau bahkan samudera.


Gunung terdapat di hampir semua bagian bumi. Tidak hanya gunung yang ada di permukaan, yang bisa kita lihat, tapi juga yang tersembunyi di bawah laut. Tahukah kamu gunung tertinggi di dunia? Dialah Mount Everest. Gunung yang berada 8,8 kilometer dari permukaan laut.


Tapi sebenarnya ada gunung berapi yang lebih tinggi dari Mount Everest, yaitu gunung Mauna Kea di Kepulauan Hawai. Tingginya mencapai 10 kilometer. Namun, gunung ini berada di dasar laut dan hanya muncul ke permukaan setinggi 4 kilometer.


Gunung Berhawa Dingin


Orang yang tinggal di sekitar gunung tidaklah banyak. Hal itu dikarenakan kurangnya oksigen di sekitar gunung. Mengadakan perjalanan ke daerah pegunungan juga bukan perkara yang mudah. Gunung berudara sangat dingin dan apabila terjadi hujan, keadaan bisa sangat tidak bersahabat.


Orang yang suka mendaki gunung akan berhati-hati dalam menentukan waktu pendakian. Pemilihan waktu yang salah bisa mengakibatkan gagalnya sampai ke tujuan.


Daerah gunung bisa merupakan tempat yang berbahaya karena badai bisa tiba-tiba datang melanda saat terjadi hujan. Tanah longsor juga menjadi ancaman saat batu-batu berjatuhan akibat badai dan hujan.


Kekayaan Gunung Bagi Kehidupan


Gunung menyimpan kekayaan yang bisa digunakan untuk kemakmuran bersama. Di gunung terdapat kayu dari hutan-hutan untuk bisa digunakan untuk membuat barang.


Batuan gunung mengandung mineral dan logam seperti emas dan perak. Sungai yang turun dari gunung juga bisa dibendung agar bisa dipergunakan untuk irigasi dan mengaliri sawah-sawah.


Tanaman yang tahan hawa dingin bisa tumbuh di gunung, tetapi pepohonan hanya bisa tumbuh di sekitar lereng gunung. Pohon tidak dapat tumbuh di pucuk gunung karena tidak tahan dengan angin yang berhembus.


Tanaman yang tumbuh di pucuk gunung hanya perdu dan semak pendek yang menutupi permukaan tanah, di antaranya adalah edelweis.


Apakah Kamu Suka Mendaki Gunung?


Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang, apalagi jika medannya terjal. Gunung juga mempunyai pemandangan yang indah dan menakjubkan.


Namun, talam melakukan pendakian tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kita harus mempersiapkannya secara matang baik fisik, peralatan yang akan dibawa, maupun keadaan cuaca yang berlangsung.

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger