Home » » Kiat-Kiat Menjadi Guru Teladan

Kiat-Kiat Menjadi Guru Teladan

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.05



Guru merupakan salah satu profesi yang menjadi favorit orang dalam  mencari lapangan pekerjaan. Dahulu pekerjaan sebagai pendidik ini dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Namun apakah untuk saat ini semua profesi guru bisa dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Guru merupakan istilah umum yang digunakan sebagai sebutan bagi subjek pendidik, baik di lingkungan formal maupun non formal. Orang yang mendidik dikatakan sebagai seorang guru.

Untuk guru-guru di lembaga pendidikan formal, saat ini rata-rata dari mereka adalah mereka yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Gaji para guru yang sudah terdaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil saat ini cukup lumayan dan mensejahterakan.
Peningkatan gaji dan tunjangan dapat dinikmati secara baik. Pada kondisi ini apakah pekerjaan sebagai seorang guru masih dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa?
Jawabannya tentu bisa Anda bandingkan dengan mereka-mereka tenaga pendidik non formal yang secara kontinyu memberikan pendidikan kepada orang-orang yang mau berguru padanya, misalnya seperti seorang guru ngaji, guru keahlian dan sebagainya yang dibayar dengan upah di bawah standar, bahkan tak jarang yang tanpa bayaran. Guru-guru seperti inilah yang barang kali lebih layak diberikan padanya label sebagai sosok pahlawan tanpa tanda jasa.
Guru yang ikhlas memberikan ilmu yang dimiliki pada muridnya tentu akan memberikan keberkahan tak hanya kepada guru itu sendiri, namun juga akan berimbas pada kelapangan hati dan pikiran si murid untuk menerima ilmu yang diberikan oleh sang guru.
Kualitas seorang guru juga akan berimbas pada kualitas murid yang dididiknya. Jika si guru baik, maka para peserta didik otomatis akan mencontoh sikap-sikap baik dari sang guru, sebaliknya jika si guru tersebut berkelakukan buruk, ia malah akan dibenci oleh peserta didiknya. Kata-katanya tidak akan didengar, sebaliknya kehadirannya akan ditakuti dan dibenci.
Menjadi Guru Teladan

Siapa orangnya yang tak ingin jadi guru teladan? Istilah guru teladan sebetulnya bukan hanya mereka-mereka para guru yang secara simbolik mendapat apresiasi penghargaan sebagai guru teladan oleh pihak-pihak tertentu. Yang paling penting sesungguhnya adalah memberikan nilai keteladanan secara hakiki, yakni tak hanya dari segi prestasi. Namun segala macam hal secara keseluruhan seperti soal akhlak prilaku, mental, moral, sikap, pola pikir dan sebagainya. Guru yang baik adalah guru yang sukses memberikan keteladanan kepada para peserta didiknya dalam segala aspek.

Jika Anda masih bingung dari mana hendak memulai menjadi sosok guru idola di hadapan anak-anak didik Anda, tak salah jika Anda mencoba langkah-langkah berikut agar menjadi sosok guru teladan di mata para peserta didik Anda :
  1. Jangan hanya mendidik dengan kata-kata, namun yang lebih utama adalah contoh sikap dari sang guru. Guru adalah contoh teladan. Contoh yang paling efektif adalah contoh sikap, bukan hanya bicara. Guru akan sangat dinilai sikap prilakunya oleh para siswa. Jika ingin para siswa suka pada Anda, perbaiki lah sikap-sikap buruk Anda.
  2. Menjaga tutur kata dan bahasa. Mendidik lah dengan kelembutan dan kebijaksanaan. Bukan kebengisan maupun kediktatoran. Manakah yang lebih Anda sukai antara ditakuti dan disegani? Disegani lebih terhormat dari pada ditakuti. Segan bisa muncul sebagai dampak dari kebijaksanaan sikap-sikap Anda. Namun takut merupakan efek dari prilaku sebaliknya.
  3. Jadilah guru yang berprestasi. Jika Anda seorang pendidik, usahakan Anda memiliki prestasi yang lebih baik dan dapat dibanggakan terhadap hal yang Anda ajarkan. Misalkan Anda seorang guru seni, maka Anda juga dituntut memiliki prestasi yang baik di dunia seni


    Share this article :

    Poskan Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Follow by Email

    Wikipedia

    Hasil penelusuran

     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger