Home » » Kiat Menjadi Siswa Berprestasi

Kiat Menjadi Siswa Berprestasi

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.22

Sumber: www.AnneAhira.com

Menjadi siswa berprestasi adalah impian setiap anak usia sekolah. Menonjol di antara siswa siswi lainnya, dikirim ke kompetisi maupun lomba untuk mewakili sekolah, mendapat peringkat, piala, medali, tentu akan membuat bangga dan akan terkenang hingga kapan pun.


Prestasi ini bahkan akan sangat membantu memperoleh kehidupan yang baik di masa mendatang. Namun seiring itu, tanggung jawab siswa berprestasi pun tidak kalah besarnya.


Prestasi


Prestasi bukan hanya di bidang akademik saja, seperti jago matematika dan bahasa Inggris. Tapi juga bidang non-akademik seperti basket, renang, piano, maupun menari.

Berprestasi di bidang olahraga dan kesenian juga membanggakan, lho. Kompetisi antar sekolah di bidang ini pun sering diselenggarakan. Jadi seseorang tetap bisa membawa dan mengharumkan nama sekolah dan prospek untuk masa depanmu pun cukup menjanjikan jika kamu memang menguasainya.


Kiat Menjadi Siswa Berprestasi


Untuk menjadi siswa berprestasi, sebenarnya gampang-gampang susah. Yang harus dilakukannya mudah, namun karena diperlukan konsistensi dan kedisiplinan, maka akan menjadi sulit untuk sebagian orang.



  • Memiliki jadwal belajar atau latihan yang lebih dari siswa biasa

    Buatlah dulu target apa yang ingin dicapai di masa mendatang, misalnya saat kelulusan ingin mendapat nilai sembilan semua untuk setiap pelajaran. Hitunglah mundur kapan ujian tersebut akan dilaksanakan.

    Perhatikan juga bahwa yang diujikan saat kelulusan bukan hanya pelajaran di kelas terakhir saja, namun dari materi pertama sejak kamu diterima di sekolah itu. Sehingga Anda harus memasukkan juga di dalam jadwal, kapan mengulang pelajaran-pelajaran sejak kelas I dan seterusnya, juga kapan harus mulai latihan soal-soal ujian.


    Bagi Anda yang lebih berminat di bidang non-akademik, misalnya olahraga dan musik atau kesenian lainnya, masukkan juga latihan dalam jadwal kegiatan sehari-hari.


    Baik itu belajar maupun latihan, waktu pagi hari sebelum mulai aktivitas rutin adalah waktu yang paling baik. Pikiran masih segar belum menemui masalah, udara pun masih bersih dan sejuk. Yang penting jangan sampai membuat terlambat ke sekolah.


    Dan ingat, tujuan Anda adalah untuk berprestasi, menonjol dari siswa lainnya, jadi jadwal belajar dan latihan harus lebih ketat dibanding mereka. Dan disiplinlah dalam menjalaninya.



  • Cukup istirahat

    Mematuhi jadwal ketat yang Anda buat untuk mencapai target  yang lebih tinggi dari siswa lainnya membutuhkan energi yang cukup. Hindari tidur hingga larut malam apalagi untuk sesuatu yang tidak perlu. Suasana pagi hari yang dibutuhkan untuk konsentrasi belajar dan latihan hanya bisa didapatkan jika bangun pagi dengan tidur yang cukup.


Jujur


Prestasi yang diperoleh dengan cara yang tidak jujur tidak akan bisa bertahan lama. Jadilah siswa berprestasi yang jujur dan sportif dalam mencapainya. Anda pun akan lebih bangga jika mendapatkannya dengan hasil keringat sendiri tanpa perlu bantuan perbuatan curang.


Ilmu yang dimiliki menjadi berharga setelah dibagikan ke orang lain. Setelah berprestasi, bagikanlah ilmu dan kiat-kiat menjadi siswa berprestasi ke teman-teman  yang lain. Dengan demikian mereka akan terus mendukung dan membantu menjadi lebih baik.

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger