Home » » Masalah Tanah dan Degradasi

Masalah Tanah dan Degradasi

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.26

Sumber: www.AnneAhira.com

Degradasi tanah memiliki dua komponen utama yaitu hilangnya tanah akibat erosi dan hilangnya kesuburan tanah. Kedua komponen ini memengaruhi hasil produksi tanaman pertanian (perkebunan) dan menambah biaya produksi.


Bahkan tak jarang pula petani atau penggarap meninggalkan lahannya begitu saja akibat tidak dapat lagi ditanami. Masalah tanah (degradasi) ini disebabkan oleh pengikisan tanah. Pengikisan ini berakibat pada hilangnya unsur-unsur organik yang merupakan kunci kesuburan tanah.


Apa sih ciri Tanah yang Subur?


Tanah yang subur memiliki tiga komponen penting yaitu tanah yang subur secara fisik, biologi dan kimia. Jika satu dari ketiga komponen ini hilang, maka produksi pertanian / perkebunan akan menurun. Jika tanah masih memiliki bahan organik penyusunnya, maka dia tidak akan kehilangan ketiga komponen di atas. Kesuburan tanah akan hilang begitu saja jika tanah kehilangan bahan atau unsur organik penyusunnya.


Apa sih Maksud Kesuburan Kimia Tanah?


Tanah dikatakan subur secara kimia jika tanah tersebut mampu menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Keberadaan nutrisi ini bisa optimal jika tanah tidak kehilangan unsur (bahan) organik penyusunnya. Kesuburan kimiawi tanah bisa dipertahankan atau dicapai dengan menambah pupuk seperti kompos, dll.


Apa sih Maksud Kesuburan Fisika Tanah?


Tanah dikatakan subur secara fisik jika tanah tersebut mampu menahan aliran air dan menyimpan air di dalam tanah untuk memperkuat pertumbuhan akar tanaman. Untuk memperkecil pori-pori tanah atau agregat pembentuknya maka diperlukan bahan organik agar partikel-partikel penyusunnya dapat saling “bergandengan” erat.


Ketika tanah mengalami pengikisan maka terjadi penurunan jumlah bahan organik penyusunnya sehingga berefek pada rusaknya agregat, dan muncul keretakan di sana-sini yang akan memengaruhi pergerakan udara dan pertumbuhan akar. Metode yang paling bagus untuk mempertahankan kesuburan fisik tanah adalah dengan mengurangi pengikisan tanah dan menambah bahan organik pembentuknya.


Apa sih Maksud Kesuburan Biologi Tanah?


Kesuburan biologi tanah sangat dipengaruhi pada jumlah hewan atau tumbuhan yang hidup di dalamnya seperti cacing tanah, bakteri, jamur, dll. Indikator tanah sehat secara kimia dilihat dari banyaknya cacing tanah yang hidup di dalamnya. Aktivitas biologi dari tanaman atau tumbuhan yang hidup di dalam tanah sangat penting untuk mengubah residu menjadi humus.


Cacing tanah dan serangga membantu tanaman memindahkan residu tanaman ke tanah, memperkecil pori tanah, dan membantu mengatasi masalah keretakan tanah. Pengikisan tanah dapat mengurangi aktivitas biologi hewan-hewan atau tumbuhan yang hidup di dalam tanah, dan merusak habitat mereka. Cara untuk meningkatkan kesuburan biologi tanah adalah dengan menghindari terjadinya pengikisan tanah dan memperbanyak residu tanaman pada permukaan tanah.


Cara Termudah Mendeteksi Degradasi Tanah



  • Untuk mengetahui kesuburan fisik tanah ambillah segenggam tanah yang akan kalian amati kesuburannya. Perhatikanlah warnanya. Warna tanah yang hitam menandakan bahwa masih banyak bahan organik yang hidup di dalamnya. Dan biasanya tanah yang berwarna gelap ini memiliki pori yang kecil, tidak retak, dan partikel-partikelnya menyatu dengan erat.

  • Galilah tanah yang ingin kalian amati kesuburannya lalu lihatlah sebarapa banyak makhluk hidup (seperti cacing tanah) yang hidup di dalamnya. Semakin banyak cacing maka tanah semakin subur.


Bagaimana cara Mengatasi Degradasi Tanah


Beberapa faktor yang memengaruhi degradasi tanah antara lain pengikisan tanah yang merusak kesuburan fisik tanah, hilangnya residu tanaman yang umumnya disebabkan oleh kebakaran, kehilangan nutrisi karena jarang dipupuk. Oleh sebab itu, hal yang perlu dilakukan agar tanah tidak mengalami degradasi adalah dengan meminimalisir terjadinya pengikisan tanah, menambah residu tanaman pada permukaan tanah sebanyak mungkin, dan menghindari hilangnya nutrisi tanah.

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger