Home » » Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraaan

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraaan

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.00

Sumber: www.AnneAhira.com

Pendidikan kewarganegaraan adalah salah satu mata pelajaran di tingkat sekolah yang ada di berbagai tingkatan. Mulai SD hingga SMA pelajaran ini selalu diberikan dan menjadi salah satu materi yang dianggap penting. Bahkan di bangku kuliah pun ada juga mata kuliah yang membahas materi yang tidak jauh berbeda.


Hanya saja, di tingkat universitas nama yang diberikan bukan lagi pendidikan kewarganegaraan. Melainkan diganti menjadi pendidikan pancasila. Namun pada intinya kedua materi tersebut sama-sama membahas tentang masalah yang menyangkut sistem bernegara dan juga tentang tata kehidupan yang selaras dengan norma pancasila dan kehidupan bangsa Indonesia.


Meski dianggap sebagai salah satu materi yang penting, namun pendidikan kewarganegaraan belum dianggap sebagai salah satu materi yang diprioritaskan dalam pendidikan. Hal ini terbukti dari masih minimnya alokasi waktu yang diberikan pada pelajaran ini setiap minggunya.


Di tingkat sekolah dan universitas, pendidikan kewarganegaraan hanya diberikan porsi 2 jam pelajaran setiap minggunya. Sehingga hal ini sangat tidak efektif untuk memberikan pengetahuan kewarganegaraan secara optimal kepada peserta didik. Di samping itu, tingkat pemahaman peserta didik pun patut dipertanyakan dengan hanya mengikuti pendidikan yang sangat singkat tersebut.



Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraaan


Pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai salah satu mata pelajaran penting dalam proses pendidikan. Itulah mengapa pelajaran ini selalu ada di setiap jenjang pendidikan. Namun, seiring dengan porsi pembelajaran yang minim, banyak yang menyepelekan mata pelajaran ini.


Padahal, di balik minimnya alokasi waktu yang ada, materi pendidikan kewarganegaraan memiliki peran yang sangat penting. Beberapa hal yang menjadi dasar pentingnya pendidikan kewarganegaraan di antaranya adalah :



  1. Materi pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mengenal aturan dasar kewarganegaraan. Hal ini khususnya terkait hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.

  2. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu media untuk mengajarkan kehidupan politik kepada siswa. Siswa dikenalkan sistem politik tanpa harus terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis.

  3. Mendidik siswa untuk lebih memiliki toleransi dan tenggang rasa terhadap sesama manusia yang berada dalam satu negara yang sama.

  4. Pendidikan Kewarganegaraan memberikan pengetahuan pada siswa tentang peraturan negara yang mengikat agar para siswa bisa hidup dalam aturan hukum yang berlaku.

  5. Pendidikan kewarganegaraan merupakan sarana untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa. Dengan demikian, diharapkan rasa nasionalisme dapat ditumbuhkan melalui pelajaran ini.  

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger