Home » » Pilihan Metode Pembelajaran Efektif

Pilihan Metode Pembelajaran Efektif

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 01.08

Sumber: www.AnneAhira.com

Anda sebagai tenaga pengajar atau guru kelas, memulai mengajar di kelas tentu biasanya bermasalah dengan metode pembelajaran apa yang efektif untuk digunakan. Kesuksesan guru dalam memberikan pelajaran sangat dipengaruhi bagaimana teknik guru tersebut membawakan materi dan melibatkan setiap siswa di kelas. 



Metode Pembelajaran


Berikut ini beberapa macam metode pembelajaran yang dapat menjadi acuan dalam proses belajar mengajar merangsang keaktifan siswa.



  1. Metode ceramah

    Metode ceramah adalah metode yang telah lama diterapkan dalam dunia pendidikan. Metode ini memberikan pengajaran secara satu arah dimana guru di depan kelas menerangkan materi pelajaran dan siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.


    Kelebihan metode ini adalah bahwa guru diharapkan lebih menguasai materi dan juga dinamika dalam kelas. Guru bebas membahas bahan pelajaran meskipun forum (jumlah anak didik) bisa dalam jumlah besar.


    Kekurangan metode ceramah ini adalah metode pembelajaran seperti ini cenderung membosankan, susah mengontrol kemajuan perolehan belajar siswa, anak didik menjadi pasif sebab hanya mendengarkan saja.


  2. Metode Eksperimen

    Metode eksperimen adalah suatu metode dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan suatu kegiatan bersama atau perorangan tentang suatu proses atau percobaan.


    Kelebihan metode eksperimen ini adalah bahwa siswa dilatih lebih percaya diri terhadap suatu kegiatan eksperimen, mengumpulkan data, menemukan fakta eksperimen dan mencoba menarik suatu kesimpulan dari masalah yang ditemui. Mengajak siswa untuk menjadi pribadi yang senang berekplorasi dan menemukan hal-hal baru bersama kelompok.


    Kekurangan metode eksperimen ini biasanya tersandung pada alat eksperimen yang digunakan kadang terbatas sehingga tidak setiap anak dapat melakukan hal yang sama.  Metode ini terbatas pada materi sains misalnya biologi, IPA dan kadang perlu waktu lama untuk menyelesaikan satu masalah.


  3. Metode Diskusi

    Metode diskusi adalah metode pembelajaran dengan melibatkan sepenuhnya peran aktif siswa selama proses belajar. Guru hanya bertugas mengarahkan apa yang menjadi topik dan meluruskan masalah yang mungkin timbul.


    Kelebihan metode ini adalah mengajarkan pada peserta didik tentang komunikasi dalam diskusi, bagaimana bersikap toleran dan menghargai pendapat kawan.


    Kelemahan metode ini adalah biasanya diskusi lebih didominasi oleh siswa yang suka berbicara, sementara yang pasif lebih memilih diam. Informasi suatu masalah sifatnya terbatas, perlu pengetahuan lebih luas lagi.


  4. Metode latihan dan tugas

    Metode ini lebih menekankan pada pencapaian siswa yang diperoleh dari teknik mengerjakan tugas yang diberikan dan latihan yang intensif.


    Kelebihan metode pembelajaran ini adalah mengarahkan siswa untuk mandiri dan lebih rajin dalam mengerjakan latihan dan tugas, guru bertugas mengevaluasi hasil belajar siswa.  Secara umum metode ini diterapkan pada materi matematika dan kecakapan motoris seperti menulis, dan melafalkan huruf.


    Kekurangan metode ini adalah bagi anak didik yang tingkat kecerdasannya lebih dari rata-rata, metode ini kadang terkesan membosankan, membuat anak susah berinisiatif.


  5. Metode Tanya jawab

    Metode pengajaran sistem tanya jawab ini dilakukan di dalam maupun di luar ruangan yang memungkinkan anak didik akan berinteraksi langsung dengan guru dan mendapat penjelasan secara lebih lengkap.


    Kelebihan metode ini adalah guru dituntut harus menguasai materi yang akan diajarkan.
    Kelemahannya adalah metode menjadi kurang menarik bila tidak ada pengusaan materi.

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger