Home » » Sumber Daya Alam Laut, Pencemaran Laut, dan Usaha Penanggulangannya

Sumber Daya Alam Laut, Pencemaran Laut, dan Usaha Penanggulangannya

Written By SDN Kebon Kacang 01 PAGI on Kamis, 03 Maret 2011 | 00.51

Sumber: www.AnneAhira.com

Sejak zaman dahulu manusia banyak yang menggantungkan hidupnya di laut. Hubungan yang erat antara antara manusia dan laut telah lama terjadi. Di kepulauan Riau misalnya ada sekelompok masyarakat yang hidup di perahu, orang menyebutnya Suku Laut.


Begitu pula di perairan kalimantan Timur, terdapat Suku Bajau Pela’u yang hidup berpindah-pindah di perbatasan Philipina, Malysia, dan Indonesia. Begitu besarnya sumber daya alam laut, sehingga suku-suku laut tersebut bisa hidup hanya menggantungkan diri pada kemurahan laut dan isinya.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Laut memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah di dalamnya. Walaupun  kekayaannya terus menerus dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, namun sepertinya kekayaan tersebut tidak ada habis-habisnya. Oleh karena itulah, sumber daya laut dikategorikan sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.


Biota laut dapat melangsungkan dan melanjutkan kehidupannya sebagai proses alamiah untuk menjaga keseimbangan alam. Jadi, selama tidak ada tangan-tangan jahat yang  merusak ekosistemnya, keseimbangan kehidupan di laut dapat  terus  dipertahankan.

Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Berbagai jenis ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein, seperti kakap, tuna, cakalang, kerapu, baronang, ekor kuning, dan sebagainya. Demikian pula dengan  udang, kerang, cumi-cumi, lobster, dan rumput laut telah tersedia dan siap dimanfaatkan oleh manusia.

Pencemaran Laut

Saat ini, pencemaran laut telah terjadi di mana-mana, dengan kualitas dan kuantitas pencemaran yang sudah pada taraf sangat mengkhawatirkan karena dapat merusak  ekosistem di dalamnya. Berbagai modus pengrusakan dan pencemaran terjadi setiap hari, di antaranya adalah sebagai berikut.


• Pembuangan limbah


Kapal-kapal besar seringkali membawa limbah, baik cair maupun padat untuk kemudian sengaja dibuang di tengah laut.


• Tumpahan minyak


Kecelakaan yang melibatkan kapal tanker bisa  berakibat fatal bagi ekosietem laut. Ribuan metrik ton minyak yang tumpah akbat tabrakan kapal tanker bisa langsung mematikan hewan dan tumbuhan di dalamnya.


• Pemakaian peledak


Kapal penangkap ikan yang menggunakan peledak berkekuatan besar, bukan saja dapat mematikan ikan kecil yang dapat berakibat terjadinya kelangkaan namun juga dapat menghabisi  kehidupan di sekitar terumbu karang.

Usaha Penanggulangan

Oleh karena telah mengancam keberadaan ekosistem laut, maka usaha penanggulangan harus segera dilakukan, beberapa usaha yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

• Pembenahan kebijakan dan perangkat hukum


Tujuannya adalah  agar dapat menentukan kebijakan yang sesuai tentang pasal-pasal pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam). Selama ini banyak peraturan yang bersifat “mendu” seperti larangan penambangan pasir. Di satu sisi dilarang, namun di sisi lain dibiarkan karena telah menjadi sumber nafkah warga setempat.


• Partisipasi  masyarakat


Bila masyarakat telah diberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya pelestarian sumber daya laut, maka mereka dapat dilibatkan dan turut berpartisipasi membantu pemerintah dalam menjalankan tugas pengawasan dan pelestarian.

• Pelibatan segenap komponen


Pola penyelesaian masalah yang selama ini terkesan parsial dan tidak tuntas, dapat diminimalisir dengan pelibatan segenap komponen yang terkait. Berbagai permasalahan yang sering muncul seperti adanya kapal nelayan asing yang melintas batas negara, penggunaan bahan peledak, dan pemakain pukat harimau dalam menangkap ikan misalnya, bisa dikoordinasikan dengan pihak terkai seperti Polair atau TNI AL.

Share this article :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Follow by Email

Wikipedia

Hasil penelusuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SDN KEBON KACANG 01 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger